SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG - Semoga memetik manfaat dalam menikmati sajian secuil berita & hiburan pada blog ini. Saran, kritik & dukungannya dibutuhkan guna kebaikan kedepan yang berkelanjutan, Wassalam.

Minggu, 05 Februari 2017

Lemahnya kesadaran Warga Bekasi Regensi dan sekitar akan Sampah dan Saluran Air

Saluran Air di Perum Bekasi Regensi 1 Wanasari Cibitung Bekasi

Awal tahun 2017 sudah kita ketahui adalah tahun memasuki musim Penghujan. Hujan deras dan Angin menjadikan masyarakat JABODETABEK dan masyarakat Indonesia umumnya, ketakutan akan Banjir. Sewajarnya Hujan patut disyukuri bukan untuk ditakuti, tetapi dampak dari hujan seperti banjirlah yang menjadi kewaspadaan semua warga.  Terlebih kota Kabupaten Bekasi, yang kasat mata dapat kita lihat sebagai kota yang memiliki saluran air (limbah) sangat buruk..Kalaupun kini nampak upaya keras dari pihak pemerintah daerahnya yang kini berusaha memperbaiki dibeberapa titik saluran-saluran air tersebut, dalam upaya penanggulangan/mengurangi banjir, namun masyarakat diperumahan nampaknya harus bersabar, karena memang PEMDA Kab. Bekasi belum mampu dalam arti keterbatasan anggaran (mungkin) untuk perbaikan saluran yang ada diperumahan-perumahan kita.
Saluran Air di Perum Bekasi Regensi 1 Wanasari Cibitung Bekasi
Saluran Air di Perum Bekasi Regensi 1 Wanasari Cibitung Bekasi

Hujan deras yang kerap terjadi akan menjadi Banjir dan terus terjadi berulang ulang. Memang Hujan adalah kehendak alam yang tidak bisa kita lawan, namun menurut saya banjir yang terjadi bukan semata-mata dikarenakan hujan, tapi lebih karena sampah dimana-mana (sungai dan selokan/got). Marilah masyarakat Kab. Bekasi untuk lebih Peduli dan Peduli pada kebersihan dan kesehatan lingkungan, jangan hanya berpangku tangan apalagi bergantung pada pemerintah daerah. Banjir lebih disebabkan karena kelalaian manusianya yang membuang sampah sembarangan, yang menjadi penyumbat saluran air. Sering kali kita temui penyumbatan pada Saluran air yang menyebabkan air menggenang dijalan bahkan menyebabkan banjir di beberapa wilayah, misalkan diwilayah sekitar Perum Bekasi Regensi Wanasari Cibitung Bekasi,

Dengan begini, peran Ketua RW dan RT dalam mengedukasi bersama warganya sangat membantu juga dibutuhkan. Kesadaran akan tidak membuang sampah sembarangan apalagi kesungai agar tidak dilakukan mulai dari lingkungan sendiri. Agar kita tidak menemui lagi penyumbatan pada sungai dan saluran air. Banjir adalah bencana alam yang beberapa hal penyebabnya yaitu lemahnya kesadaran manusia bahkan kepedulian kita terhadap lingkungan. Apabila banjir kita hanya bisa mengeluh dan menyalahkan pemerintah. Saya berharap pemerintah daerah bersikap tegas terhadap orang-orang (perorangan maupun institusi dan pabrik) yang membuang sampah sembarangan dan memberikan sangsi tegas tanpa toleransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar