SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG - Semoga memetik manfaat dalam menikmati sajian secuil berita & hiburan pada blog ini. Saran, kritik & dukungannya dibutuhkan guna kebaikan kedepan yang berkelanjutan, Wassalam.

Rabu, 17 Oktober 2012

Catatan Refleksi : Penghargaan atas Pengabdian Masa Bakti

                         

       Bagi seorang pekerja/karyawan perusahaan baik swasta maupun pegawai negeri sipil (PNS), pemberian penghargaan kerap sering dilakukan sebagai tanda penghormatan atas jasanya (masa pengabdian/loyalitas). Biasanya hal ini dilakukan bagi pekerja/karyawan senior untuk jenjang waktu kerja, minimal ada yang memulai dengan 5 tahun s/d batas 30 tahun masa kerja.
Khusus perusahaan swasta, apapun bentuk penghargaan tersebut, seperti; selembar piagam penghargaan, medali, cindera mata, uang atau lainnya., kita patut mensyukuri tanpa harus melihat besarnya nilai (materi) didalamnya untuk dijadikan moment atau awal kebangkitan baru, sebagai senior sepantasnya lebih menunjukan kinerja semakin membaik, dengan cara melakukan refleksi/cermin diri, apakah;
a. kita sudah memberikan yang terbaik bagi perusahaan?
b. berbuat terbaik dan profesional bagi pelayanan (customer/masyarakat) ?
c. manfaat bagi diri, keluarga dan lingkungan sekitarkah?
d. perusahaan sudahkah memenuhi hak-hak karyawan/pegawainya (PNS: telah diatur dalam Undang-undang atau Perpu tersendiri - Swasta: tentunya hal ini diikuti dengan Perjanjian Kerja Bersama) ?.

Kedepannya bila refleksi disadari, bermodal kesiapan mental plus keilmuan dengan segudang pengalaman kitapun akan lebih siap menghadapi perubahan demi kebanggaan profesi dan kemajuan perusahaan.
         Semoga saja penghargaan bukanlah sekedar basa-basi yang merupakan bagian strategi manajemen  menjadikan karyawan untuk tidak bersikap kritis (tentunya dengan koreksi membangun), menerima/membisu atas kebijakan yang kurang berpihak pada karyawan dan keluarganya. Terlepas itu sebuah niatan tulus (baik) ataupun siasat (buruk) perusahaan, sebagai orang yang dipekerjakan kita tetap harus berpikir positif sambil melihat peluang maju.
        YAKINKAN..Dalam Penghargaan yang TERBAIK dan JUJUR hanya bisa dirasakan/datang oleh diri sendiri, dari Hati, menerima (siap) koreksi (masukan, saran) teman juga relasi, dengan Besar HATI. Bakti raga, jasa dan ilmu manfaat nan ikhlas tidak mengenal ruang waktu, tercatat di Sisi-NYA sebagai bekal Amal Dunia. Amin.

Belajar dan Berkarya tidak mengenal Usia, curahkan Pengabdian dan baktimu sampai akhir Napas-mu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar